Akui Telinga Kirinya Tuli, Boy William Mulai Belajar Bahasa Isyarat

0
9

Foto: Instagram/boywilliam17

IDN-CHANNEL – Aktor, MC, sekaligus YouTuber kondang, Boy William baru-baru ini membuka rahasia dirinya perihal telinga kirinya yang tuli.

Kondisinya telinga yang mengalami kerusakan 100% tersebut membuat Boy tidak bisa mendengar apa-apa. Boy mengatakan bahwa dirinya mulai belajar bahasa isyarat yang biasa digunakan orang tuli. Membuktikan hal itu, Boy menyertakan video unggahan yang menampakkan dirinya sedang belajar bahasa isyarat ditemani seseorang berbaju hitam.

“Pengen belajar bahasa baru, bahasa isyarat. Ga banyak orang yang tau kalo gue juga tuli. Kuping kiri gue 100% ga berfungsi,” tulis Boy di halaman Instagramnya, Rabu (20/10). Boy menyertai unggahannya dengan video saat ia belajar bahasa isyarat.

Akibat kerusakan ini, Boy sering tidak mendengar jika ada orang yang memanggilnya dari arah kiri. Hal ini membuat Boy kerap dianggap sombong ketika dipanggil oleh orang lain. “Padahal memang ga kedengeran. Hehe..,” tulis pembawa acara Indonesian Idol ini.

Meski telinga kirinya tuli, mantan kekasih Sheryl Sheinafia itu mengaku tidak malu bahkan ingin menunjukkan bahwa kekurangan bukanlah penghalang. “Ketemu temen-temen tuli seperti mereka jadi banyak belajar kalau kekurangan yang kita punya ga ngalangin apapun yang pengen kita raih selama kita punya niat dan terus berusaha dan jangan minder. Disable doesn’t mean Dis-ABLE,” kata Boy William.

Pengakuan Boy William itu lantas dibanjiri komentar dukungan oleh para netizen. “Serius? Gak nyangka kakak juga Tuli ,selama ini aku pikir kakak bisa dengar. Semangat belajar bahasa baru, bahasa isyarat (BISINDO),” tulis @jenniferrnatalie.

“Saya bisa bahasa isyarat karena mempunyai kakak yang tuna rungu bang boy,” tulis @winnie_kusuma. “Orang yang paling humble, pekerja keras, gak sombong, bisa apa aja dari bahasa alat music, lagu, dan semuanya dia pasti akan belajar sampai bisa,” tulis @helenalum899.

Sebelumnya, Boy juga pernah mengakui kekurangannya saat membuat konten bersana Aleta Molly di kanal YouTube Boy William, pada 20 Januari 2021. Saat itu Boy menceritakan kekurangan yang ia miliki. “Aku juga ada kekurangan, budek kuping kiri. My left ear is fully deaf, jadi aku bener-bener nggak bisa denger kuping kiri,” ujar Boy.

Perihal hal ini pun membuat banyak orang bertanya bagaimana Boy bisa bertahan bekerja di bidang hiburan. Dimana pekerjaan yang dilakoni mengharuskannya mendengar banyak hal. “Tapi menurut gue bukan jadi halangan bagi kita. Mau lu punya disabilitas, lu jadiin itu your ability,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here