31 C
Jakarta
Kamis, 28 Oktober 2021
Beranda Tekno Cara Mudah Bayar Pajak Motor Secara Online Melalui Signal

Cara Mudah Bayar Pajak Motor Secara Online Melalui Signal

Sumber Foto: Istimewa

IDN-CHANNEL – Untuk kamu para pengguna sepeda motor sekarang ini sudah semakin dimudahkan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan.

Bagaimana tidak, mungkin dahulu ketika kamu ingin membayar pajak kendaraan kamu harus lomba datang pagi ke kantor Samsat atau pelayanan SIM keliling.

Nah, sekarang ini kamu tidak perlu lagi melakukan hal tersebut. Pasalnya, pembayaran pajak secara online kini sudah bisa kamu lakukan.

Korlantas Polri telah menciptakan aplikasi khusus yang disebut Signal atau Samsat Digital Nasional.

Aplikasi Signal merupakan aplikasi generasi kedua sebagai penyempurna atau pengganti aplikasi sebelumnya yakni Samsat Online Nasional (Samolnas).

Aplikasi Signal sendiri dapat digunakan untuk mengurus pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Aplikasi ini telah terhubung dengan 15 pangkalan Data Pajak Bapenda Provinsi sehingga semakin memudahkan masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan bermotornya.

Kamu sebagai pemilik kendaraan harus melakukan verifikasi identitas biometrik berupa pemindaian wajah dan data e-KTP.

Berikut cara membayar pajak motor secara online melalui aplikasi Signal:
1. Unduh aplikasi Signal di PlayStore dan AppStore
2. Lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu jika kamu baru pertama kali mengunduh
3. Isi semua data pada kolom yang tersedia, setelah mengisi semua data yang dimintaa ketuk Lanjutkan
4. Jika data-data terisi dengan benar maka sistem akan menampilkan data lengkap kendaraan yang pajaknya akan dibayarkan beserta nilai pajaknya
5. Setelah itu kamu akan menerima kode pembayaran dengan masa berlaku bayar selama 2 jam setelah kode diterima
6. Segera lakukan pembayaran ke bank BNI, BRI, Mandiri, BTN, BCA, CIMB Niaga, dan Permata. Selain itu kamu juga bisa bayar via Tokopedia (pembayaran akan dikenai biaya administrasi)
7. Setelah selesai pembayaran, kamu akan menerima e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK dengan masa berlaku 30 hari
8. TBKP/SKPD dan stiker Pengesahan STNK akan dikirim SAMSAT ke alamatmu melalui jasa ekspedisi resmi yang ditunjuk.

Pembayaran pajak motor secara online melalui aplikasi Signal, hanya melayani pembayaran STNK tahunan dengan batas waktu keterlambatan bayar atau pajak STNK mati tidak lebih dari satu tahun.

Selain itu, jika alamat wajib pajak berbeda, kamu bisa menghubungi atau mendatangi kantor Samsat setempat untuk keterangan lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

RUU PDP Diharapkan Benar-benar Melindungi Masyarakat

Sumber Foto: Istimewa IDN-CHANNEL - Indonesia butuh lembaga kontrol yang punya otoritas bila Rancangan Undangan-Undang Perlindungan Diri Pribadi (RUU PDP) menjadi peraturan resmi. Hal tersebut dikatakan...

Mentan SYL Ingatkan Pentingnya Ketangguhan Sistem Pangan Kawasan ASEAN

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk pada pencapaian Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Tujuan 2 “Tanpa Kelaparan”, khususnya dalam memastikan...

Presiden Sampaikan Tiga Fokus KTT ASEAN Plus Three dalam Ketahanan Kesehatan

Foto: Sekretariat Presiden IDN-CHANNEL - Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga hal yang dapat menjadi fokus ASEAN Plus Three (APT) dalam pembangunan ketahanan kesehatan. Tiga hal...

Mentan SYL Pimpin Sidang Menteri Pertanian ASEAN, Pastikan Ketahanan Pangan Regional

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Seiring dengan dinamika pembangunan regional dan imbas pandemi Covid-19 dalam 2 tahun terakhir, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengajak para...

Recent Comments