31 C
Jakarta
Kamis, 28 Oktober 2021
Beranda Internasional Gara-Gara Kursi, PM Italia Sebut Erdogan Diktator

Gara-Gara Kursi, PM Italia Sebut Erdogan Diktator

Foto: BBC

IDN-CHANNEL – Insiden kurang mengenakan terjadi dalam pertemuan para pejabat tinggi Uni Eropa (UE) pada Rabu (7/4) lalu di Turki.

Hadir diantaranya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Italia Mario Draghi, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen serta Kepala Dewan UE Charles Michel.

Dalam pertemuan itu, mulanya Erdogan dan Michel duduk di kursinya masing-masing sementara Ursula dibiarkan berdiri. Kemudian Michel pun menawarkan Ursula untuk duduk disofa dan disitulah awal masalahnya.

Sehari berselang (8/4), saat konferensi pers dan ditanya terkait pengaturan tempat duduk Draghi pun melontarkan komentar yang tajam kepada Erdogan.

“Begini pertimbangan yang harus diperbuat (mari kita panggil mereka apa adanya) para diktator, yang walau bagaimanapun perlu bekerja sama dengan mereka, adalah kita mesti jujur dalam menyampaikan pandangan,…” tegas Draghi seperti dilansir The Guardian.

Kemudian ia pun menambahkan bahwa dirinya tidak sepakat dengan perlakuan Erdogan. Ia meyakini itu (insiden Ursula) bukan perilaku yang pantas dan menyesali penghinaan yang dialami oleh Ursula.

Atas kejadian itu pada Jumat hari ini (9/4) pihak Turki pun bereaksi dengan mengecam Kementerian Luar Negeri Turki bereaksi dengan memanggil Duta Besar Italia di Ankara Massimo Gaiani untuk meminta Draghi mencabut komentarnya.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu juga turut mengecam komentar pedas Draghi itu terhadap presidennya.

“Kami sangat mengutuk retorika populis yang tidak dapat diterima dari Perdana Menteri Italia Draghi yang ditunjuk dan pernyataannya yang buruk dan tak henti-hentinya tentang Presiden terpilih kami.” tulis Mevlut dalam cuitannya.

Mevlut juga berujar saat diwawancarai bahwa pihak Turki telah mematuhi semua protokol dalam pertemuan tersebut sesuai permintaan Uni Eropa.

Meski begitu Deputi Menteri Luar Negeri Turki Faruk Kaymakci mengklaim tidak akan berpihak pada keduanya. Ia tidak ingin Turki terjebak pada perselisihan antara negaranya dengan UE yang dianggap sebagai hal yang tak berguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

RUU PDP Diharapkan Benar-benar Melindungi Masyarakat

Sumber Foto: Istimewa IDN-CHANNEL - Indonesia butuh lembaga kontrol yang punya otoritas bila Rancangan Undangan-Undang Perlindungan Diri Pribadi (RUU PDP) menjadi peraturan resmi. Hal tersebut dikatakan...

Mentan SYL Ingatkan Pentingnya Ketangguhan Sistem Pangan Kawasan ASEAN

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk pada pencapaian Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Tujuan 2 “Tanpa Kelaparan”, khususnya dalam memastikan...

Presiden Sampaikan Tiga Fokus KTT ASEAN Plus Three dalam Ketahanan Kesehatan

Foto: Sekretariat Presiden IDN-CHANNEL - Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga hal yang dapat menjadi fokus ASEAN Plus Three (APT) dalam pembangunan ketahanan kesehatan. Tiga hal...

Mentan SYL Pimpin Sidang Menteri Pertanian ASEAN, Pastikan Ketahanan Pangan Regional

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Seiring dengan dinamika pembangunan regional dan imbas pandemi Covid-19 dalam 2 tahun terakhir, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengajak para...

Recent Comments