25.2 C
Jakarta
Rabu, 27 Oktober 2021
Beranda Gaya Hidup Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Untuk Mencegah Kerusakan Fungsi Otak

Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Untuk Mencegah Kerusakan Fungsi Otak

Foto: Istimewa

IDN-CHANNEL – Otak memiliki peran penting dalam mengatur seluruh koordinasi, gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh. Untuk itu, diperlukan asupan nutrisi yang sehat untuk terus menjaga kesehatan otak dapat berfungsi dengan baik.

Meskipun begitu, secara tidak sadar beberapa makanan justru memiliki dampak negative pada otak, seperti menurunkan daya ingat, meningkatkan risiko demensia, atau melemahkan kinerja otak. Untuk mewaspadai hal tersebut, dilansir dari berbagai sumber, ada 5 makanan dan minuman yang harus dihindari untuk mencegah kerusakan fungsi otak.

1. Ikan tuna

Mengonsumsi ikan tuna sesekali memang tidak masalah, tapi sebaiknya ikan ini tidak dimakan setiap hari. Sebab, beberapa ikan seperti tuna, hiu, dan ikan todak memiliki kandungan merkuri yang berbahaya bagi manusia. Merkuri adalah kandungan logam berat dan racun neurologis kontaminan yang biasanya tersimpan dalam waktu lama di jaringan hewan. Jika merkuri ini masuk kedalam tubuh, hal ini dapat menyebabkan kerusakan otak dengan gangguan sistem saraf pusat, neurotransmitter, dan stimulasi neurotoksin.

2. Makanan dan minuman manis

Dilansir dari healthline.com, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa asupan fruktosa tinggi dapat menyebabkan resistensi insulin, pembentukan neuron, memori, pembelajaran dan pengurangan fungsi otak. Untuk mencegah kerusakan ini, sebaiknya kamu kurangi mengonsumsi minuman bersoda, minuman berenergi, dan teh manis, karena mengandung gula dalam jumlah tinggi.

3. Junk food

Pada sebuah penelitian di Inggris tahun 2011, hampir 4.000 anak yang makan junk food pada usia tiga tahun mengalami penurunan IQ sebanyak lima tahun dibanding dengan anak yang selalu makan makanan sehat. Kebiasaan makan makanan olahan atau cepat saji bisa menimbulkan tinggi kalori dan rendah nutrisi. Komposisi nutrisi dari makanan olahan juga dapat mempengaruhi otak secara negatif dan berkontribusi pada perkembangan penyakit degeneratif.

4. Alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan menghasilkan pengurangan volume otak, perubahan metabolisme dan gangguan neurotransmitter yang bermanfaat sebagai bahan kimia otak untuk berkomunikasi. Berapa pun usia Anda, mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan dapat berbahaya, beracun, dan merusak otak. Penelitian Spanish Institute of Neuroscience dan Central Institute of Mental Health di Jerman membuktikan bahwa alkohol merusak saraf komunikasi.

5. MSG (monosodium glutamat)

MSG memiliki kandungan sekitar 78 persen asam glutamat bebas, 21 persen natrium, dan kontaminan hingga 1 persen. Kandungan ini bisa mempengaruhi kimia otak melalui overexciting sel ke titik kerusakan otak. Mengonsumsi MSG yang tidak terkontrol dapat menyebabkan obesitas, kerusakan mata, sakit kepala, kelelahan dan disorientasi, dan depresi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Mentan SYL Ingatkan Pentingnya Ketangguhan Sistem Pangan Kawasan ASEAN

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk pada pencapaian Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Tujuan 2 “Tanpa Kelaparan”, khususnya dalam memastikan...

Presiden Sampaikan Tiga Fokus KTT ASEAN Plus Three dalam Ketahanan Kesehatan

Foto: Sekretariat Presiden IDN-CHANNEL - Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga hal yang dapat menjadi fokus ASEAN Plus Three (APT) dalam pembangunan ketahanan kesehatan. Tiga hal...

Mentan SYL Pimpin Sidang Menteri Pertanian ASEAN, Pastikan Ketahanan Pangan Regional

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Seiring dengan dinamika pembangunan regional dan imbas pandemi Covid-19 dalam 2 tahun terakhir, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengajak para...

Jangan Khawatir, Cara Ini Cepat Bersihkan Ketiak Yang Hitam

Sumber Foto: Istimewa IDN-CHANNEL - Ketiak yang hitam dapat mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya dirimu berkurang. Terlebih bagi kamu yang suka memakai pakaian tanpa lengan....

Recent Comments