Kelebihan Penggunaan Aplikasi VPN untuk Smartphone

0
8

Foto: Istimewa

IDN-CHANNEL – Guna mengakali jaringan internet pada smartphone, banyak netizen yang memilih menggunakan aplikasi VPN (Virtual Private Network) pada smartphone-nya.

Secara sederhana, VPN adalah suatu koneksi privat atau pihak ketiga yang digunakan pengguna untuk terhubung ke suatu layanan internet. Dilansir dari laman diskominfo.kedirikab.go.id, menyebutkan bahwa VPN memungkinkan Anda menghindari kejahatan cyber karena bisa mengganti identitas menjadi anonim berkat transmisi paket data yang digunakan.

Menjadi salah satu teknologi yang berfungsi mengamankan koneksi internet untuk mengalihkan sekaligus mengenkripsikan identitas, VPN hadir dalam berbagai jenis aplikasi untuk Android maupun komputer. Di toko aplikasi Play Store pun banyak VPN yang bisa digunakan untuk smartphone, misalnya Turbo VPN, Hola VPN, dan VPN Hub.

Meski tidak semua aplikasi VPN tersedia gratis, tapi Anda bisa melakukan uji coba untuk mengetahui aplikasi mana yang cocok dengan kebutuhan Anda. Sebenarnya kelebihan utama dari aplikasi VPN adalah kerahasiaan, namun ada kelebihan lain dari penggunaan aplikasi ini.

Pertama, membuka akses situs yang dibatasi. Menurut data yang dirilis Statista, pada 2015, 27% dari pengguna internet dunia memanfaatkan VPN untuk mengakses situs yang diblokir pemerintah. Dengan VPN, IP asli Anda dapat disembunyikan dan diubah oleh server VPN yang digunakan.

Kedua, meningkatkan keamanan. VPN dapat mengubah jaringan Anda menjadi pribadi dan menjadi solusi aman untuk pengguna yang ingin mengirim atau menerima data melalui internet dengan tetap menjaga privasi dan kerahasiaan data. Hal ini juga dimanfaatkan perusahaan dan perbankan untuk menjaga kepentingan data mereka.

Ketiga, mengurangi gangguan koneksi. Layanan VPN adalah perantara yang digunakan sebagai sarana transmisi paket data secara pribadi. Hal tersebut tentunya bisa mengurangi gangguan dan intervensi dari jaringan public lain. Hasilnya, koneksi dan kecepatan internet pun meningkat.

Keempat, melindungi data ketika menggunakan Wi-Fi publik. Meskipun fasilitas Wi-Fi public sangat membantu untuk mengakses internet. Namun, keamanan data dan privasi Anda menjadi berisiko saat melakukan koneksi menggunakan Wi-Fi publik. Dengan VPN, data-data Anda akan dienkripsi seakan ada tunnel tersembunyi, sehingga data Anda akan otomatis terproteksi dan sulit dilacak oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here