Kembali Mesra Dengan Pasangan Setelah Bertengkar, Begini Caranya

Sumber Foto: Istimewa

IDN-CHANNEL – Tidak mudah untuk membangun sebuah hubungan, setiap hubungan pun pasti ada pasang surutnya.

Pasalnya, hubungan tidak hanya tentang manis-manisnya saja, tetapi ada pula saat-saat banyak gesekan yang membuat hubungan kamu menjadi renggang.

Adanya salah paham atau curiga berkepanjangan yang kemudian memicu pertengkaran menjadi salah satu contohnya. Akibatnya, kamu dan pasangan memilih untuk saling menghindar.

Sebenarnya, untuk menyelesaikan perselisihan dengan pasangan tidak harus dengan menciptakan jarak. Justru kamu dan pasangan harus saling mendekat untuk mencegah timbulnya pikiran negatif dan memancing keterbukaan satu sama lain.

Lalu, bagaimana cara untuk kembali mesra dengan pasangan setelah pertengkaran besar?

Melansir dari beberapa sumber, berikut cara kembalikan kemesraan dengan pasangan setelah bertengkar:

1. Buat komitmen untuk menyelesaikan masalah bersama
Ketika sedang di puncak emosi, entah kamu atau pasanganmu mungkin sering merasa pesimis apakah masalah ini bisa diselesaikan atau tidak. Buatlah komitmen dengan pasanganmu untuk menyelesaikan masalah secara bersama-sama. Buatlah kesepakatan untuk tetap bertahan hingga masalah dapat diselesaikan sampai tuntas. Setelah menyepakati suatu keputusan, pastikan bahwa kamu dan pasangan puas dengan keputusan yang dibuat agar tidak menyesal dikemudian hari.

2. Bicara dari hati ke hati
Ketika emosi sedang memuncak, mungkin kamu gerah untuk mendengarkan ocehan pasangan. Pasalnya, kamu hanya terfokus pada emosi yang kamu rasakan sehingga tidak mau mendengarkan apa yang pasangan kamu rasakan. Cobalah untuk mendengarkan pasangan dan bicara dari hati ke hati. Sebab, hal ini bisa menjadi cara bagi kamu dan pasangan untuk saling membuka diri dan memahami perasaan satu sama lain. Sehingga masalah pun dapat lebih cepat terselesaikan. Biarkan keterbukaan muncul dengan sendirinya agar tidak semakin menyulut masalah baru. Cara ini bisa membuat kamu dan pasangan akan lebih memahami satu sama lain sehingga meningkatkan keintiman.

3. Pahami sifat dan karakter satu sama lain
Dalam keadaan emosi kamu akan selalu memandang pasangan kamu sebagai orang yang jahat dan bertentangan dengan apa yang kamu mau. Nah, disinilah kamu dan pasangan perlu saling memahami perbedaan cara dan sifat masing-masing, apakah kamu atau pasanganmu termasuk tipe orang yang menyelesaikan masalah dengan langsung berbicara? Atau lebih menahan diri terlebih dahulu karena memikirkan berbagai banyak pertimbangan? Hal ini penting untuk menumbuhkan rasa pengertian dan empati. Sebab, menempatkan empati dalam suatu hubungan bisa menjadi penawar kemarahan dan menurunkan kecemasan secara alami. Sehingga kamu dan pasangan bisa lebih tenang untuk menyelesaikan masalah.

4. Eratkan hubungan secara fisik
Salah satu cara meredamkan masalah adalah dengan melakukan kontak fisik, misalnya dengan berpelukan. Bagi wanita, cukup dengan mendapatkan pelukan saja dapat membantu menenangkan hati yang kacau. Bahkan beberapa konselor perkawinan menyarankan untuk berhubungan seks setidaknya sekali dalam sehari pada pasangan yang sedang dilanda permasalahan. Bagi kebanyakan pria, hubungan seks dapat meringankan rasa dendam yang dirasakan sebab ini bisa membentuk koneksi yang erat antara pria dengan pasangan wanitanya.

5. Saling menghargai satu sama lain
Kamu bisa melakukannya dengan mengingat kembali pengorbanan apa saja yang sudah kamu dan pasangan lakukan hingga bisa sejauh ini. Pasalnya, dengan saling menghargai satu sama lain dapat menciptakan ruang untuk kembali bekerja sama memperbaiki hubungan yang sudah dibangun. Kamu akan berpikir untuk tidak akan membiarkan masalah ini menang daripada pengorbanan kamu dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here