Kisah William Still, Pelatih yang Merintis Karir dari Game 

Foto: Isosport

IDN-CHANNEL – Jika kamu penggemar sepakbola, tentu kamu mengetahui game Football Manager (FM). Sebuah permainan simulasi manajemen sepak bola besutan Sega.

Pada game itu, pengguna akan berperan sebagai Manajer yang bertugas untuk mengelola sebuah klub selayaknya Manajer sungguhan.

Dari hampir 2 juta pengguna, ada satu di antaranya yang berhasil menjadi Manajer sungguhan. Ya, dia adalah William Still, Manajer muda berpaspor Belgia.

Kisah Manajer yang akrab disapa Will itu dimulai sejak usia 14 tahun saat pertama kali mengenal FM hingga membuat kecanduan sampai tidur larut setiap malamnya.

Dalam sebuah wawancara dengan jurnalis PCGamer, Rich Stanton, Will mengungkapkan bahwa FM memberikan pengalaman dan sensasi menjadi seorang Manajer bagi dirinya yang memang amat menyukai sepakbola.

“FM memberikan saya pengalaman lebih dalam mengelola tim. Saya belajar tentang pentingnya menjalin ikatan dan koneksi dengan pemain, mengatur transfer dan lainnya. Itu memberikan saya perspektif dan gambaran untuk saya terapkan saat menjadi Manajer sungguhan.

Lalu, berkat konsistensi dan keseriusannya di FM itu akhirnya berbuah kenyataan 5 tahun kemudian, pada 2011 sebuah tawaran melatih professional datang dari Inggris. Will menerima pinangan untuk menjadi Asisten Pelatih Preston North End U-14.

Kariernya terus melejit pada 2017, ia ditunjuk sebagai Pelatih Kepala klub Belgia Lierse Kempenzonen di usia 24 tahun sekaligus menjadi pelatih termuda dalam sejarah sepakbola Eropa.

Puncaknya terjadi tahun lalu, setelah malang melintang di klub-klub kecil Will pun dipercaya untuk menukangi posisi Asisten Pelatih untuk klub Liga Prancis, Stade de Reims selama 5 bulan.

Tepatnya 30 Agustus 2021, laga melawan tim tamu Paris Saint Germain (PSG) menjadi hari yang akan ia ingat. Itu merupakan debut perdananya sebagai Asisten Pelatih dan juga menyaksikan Lionel Messi melakoni laga pertamanya sebagai pemain anyar PSG.

Meski berkesudahan dengan hasil kekalahan 0 – 2, Will tertangkap kamera beberapa kali memandangi Messi secara langsung, pemain yang dulu ia masukan ke dalam skuadnya di FM.

Kemudian pria yang kini berusia 29 tahun tersebut kembali melanjutkan karirnya sebagai Asisten Pelatih Standard Liege, Oktober tahun lalu hingga sekarang dan menyelesaikan musim dengan finish di posisi 14 klasemen Liga Belgia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here