31 C
Jakarta
Kamis, 28 Oktober 2021
Beranda Tekno Lakukan Tips Ini Agar Ponselmu Tidak Cepat Panas Saat Main Game

Lakukan Tips Ini Agar Ponselmu Tidak Cepat Panas Saat Main Game

Sumber Foto: Istimewa

IDN-CHANNEL – Saat ini rasanya ponsel (smartphone) sudah menjadi barang yang wajib dibawa kemanapun. Mulai dari untuk berkomunikasi, menyimpan file, menyimpan foto, memantau sosial media, hingga mendengarkan musik.

Selain itu, smartphone juga kerap dipakai untuk bermain game dengan tujuan menghibur diri ataupun karena hobi.

Ketika digunakan untuk menjalankan tugas berat seperti gaming, smartphone kamu mungkin saja akan mengalami panas berlebih (overheat).

Saat terjadi overheat, sistem secara otomatis akan melambatkan kinerja untuk mengendalikan panas agar tidak merusak komponen sensitif di dalam smartphone.

Ketika menjadi lemot dan kurang responsif saat dipakai, smartphone dapat mengalami beberapa masalah serius. Mulai dari baterai bocor, hilang data, dan ponsel pun berpotensi mati total bila batas suhu terlewatkan.

Nah, tapi kamu bisa melakukan beberapa tips untuk mencegah ponselmu agar tidak cepat panas saat bermain game yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Bersihkan ruang simpan
Hapus atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai, karena berpotensi membuat kinerja smartphone kamu lambat saat bermain game. Kamu bisa gunakan fitur Clean storage di Settings, lalu hapus juga foto, video, cache, audio, dan dokumen yang tidak terpakai atau pindahkan ke SD Card.

2. Tutup aplikasi yang tidak dipakai
Saat gaming, hampir 100 persen kinerja perangkat diarahkan ke aplikasi game. Kamu bisa periksa cache dan aplikasi yang sedang berjalan. Perhatikan aplikasi yang paling banyak memakan RAM (Random Access Memory). Matikan aplikasi tidak penting selain game pilihanmu agar masih banyak kapasitas RAM yang tersisa.

3. Pilih smartphone yang memiliki sistem pendingin
Penggunaan ponsel yang sehari-hari digunakan untuk banyak kegiatan, seperti bermain game dalam waktu yang cukup lama, sering menyebabkan masalah ponsel yang panas. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memilih perangkat yang memiliki spesifikasi software dan hardware terbaik, serta sistem pendingin yang bisa menghilangkan panas berlebih dengan cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Mentan SYL Ingatkan Pentingnya Ketangguhan Sistem Pangan Kawasan ASEAN

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk pada pencapaian Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Tujuan 2 “Tanpa Kelaparan”, khususnya dalam memastikan...

Presiden Sampaikan Tiga Fokus KTT ASEAN Plus Three dalam Ketahanan Kesehatan

Foto: Sekretariat Presiden IDN-CHANNEL - Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga hal yang dapat menjadi fokus ASEAN Plus Three (APT) dalam pembangunan ketahanan kesehatan. Tiga hal...

Mentan SYL Pimpin Sidang Menteri Pertanian ASEAN, Pastikan Ketahanan Pangan Regional

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Seiring dengan dinamika pembangunan regional dan imbas pandemi Covid-19 dalam 2 tahun terakhir, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengajak para...

Jangan Khawatir, Cara Ini Cepat Bersihkan Ketiak Yang Hitam

Sumber Foto: Istimewa IDN-CHANNEL - Ketiak yang hitam dapat mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya dirimu berkurang. Terlebih bagi kamu yang suka memakai pakaian tanpa lengan....

Recent Comments