31 C
Jakarta
Kamis, 28 Oktober 2021
Beranda News Nasional Lantik Sekda dan Eselon, Dairi Siap Berbenah Lakukan Percepatan

Lantik Sekda dan Eselon, Dairi Siap Berbenah Lakukan Percepatan



ChannelJakarta – Berbicara Indonesia yang utuh, kita harus berbicara dari Sabang Sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote. Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita dalam hal ini Pemerintahan Kabupaten Dairi beserta seluruh jajarannya sampai ketingkat paling bawah tanpa terkecuali harus turut serta bekerja sepenuh hati untuk melayani masyarakat di seluhuh wilayah di Kabupaten Dairi,” ucap Bupati Kabupaten Dairi Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu daat acara pelantikan Sekda dan Eselon II di Dairi, Selasa 31 Desember 2019.

Kalau di pemerintahan Pusat, lanjut Eddy, Presiden Jokowi dengan tegas menyerukan kepada Menteri – Menterinya dan perangkat kerjanya untuk tidak lagi bekerja sebatas rutinitas melaikan melakukan terobosan – terobosan yang menghasilkan dampak positif bagi Rakyat.

Begitu juga dengan Kabupaten Dairi, Seluruh jajaran yang akan mengisi Kabinet Dairi Unggul mulai dari Sekda, Kepala Dinas, Kepala Badan, Direktur Rumah Sakit, Direktur Perusahaan Daerah, Camat, Lurah, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah, Kepala Bidang, Kepala seksi sampai jabatan fungsional lainnya sudah harus memiliki mindset dan terobosan – terobosan yang jitu untuk percepatan pembangunan Kabupaten Dairi yang selama ini dapat dikatakan berjalan lambat dan cenderung terkungkung dalam rutinitas seremonial. Seluruh jajaran ini merupakan satu bagian yang tidak bisa di pisahkan dan harus memiliki Irama yang sama, Kordinasi harus berjalan agar mendapatkan Capaian yang sempurna.

“Hari ini, Saya sebagai Bupati Kabupaten Dairi kembali menegaskan kepada seluruh jajaran di pemerintahan kabupaten ini, untuk meninggalkan cara – cara seremonial dan sekedar Rutinitas dan Berganti dengan Cara Kerja yang Cepat, Gesit, dan memiliki Terobosan – Terobosan yang mampu melakukan percepatan pembangunan yang bisa segera di rasakan oleh seluruh masyarakat di Kabupaten yang sama-sama kita Cintai ini,” tegasnya.

Selain itu, Eddy melakukan Pengisian posisi eselon Dua, selain karena tuntutan peraturan yang ada, Pengisian Posisi Eselon Dua tersebut juga  sekaligus merespons harapan masyarakat untuk menjawab tantangan yg semakin besar dan kompleks kedepannya.

“Kita Harus Siap! Dairi Harus Siap menghadapi tantangan kedepan, menghadapi segala permasalahan yang bisa timbul kedepan, Jika kita bersama dan seluruh elemen masyarakat bersatu padu mewujudkan cita – cita bersama untuk Kabupaten Dairi yang lebih baik niscaya Tuhan yang Maha kuasa akan melindungi segenap gerak langkah kita,” katanya.

Tak hanya itu, lanjut Eddy, Memang tidak mudah untuk menjaring pimpinan Organisasi Perangkat Daerah yang siap dan mumpuni. Beberapa pos penting belum bisa diisi karena kita belum menemukan dan masih mencari sosok yanng tepat.  Karenanya pihaknya akan melakulan penjaringan sesuai ketentuan pada bulan Januari 2020 utk melengkapi komposisi dalam Pemerintahan. 

“Dalam kabinet ini, kita harus memulai dengan keterbukaan dan partisipasi masyarakat. Kita akan isi posisi ini melalui mekanisme Lelang Jabatan ditahun 2020. Kita berharap posisi yg masih lowong menjadi tawaran yang akan direspon baik oleh para Eselon Tiga di kabupaten Dairi yang Potensial dan Para Pejabat Eselon tiga dari semua Kabupaten yang ada di Sumatera Utara, baik Seputar Danau Toba, Kota Medan, Deli Serdang dan kabupaten lain, Pejabat di Provinsi maupun pejabat di Kabupaten lain khususnya di Provinsi Sumatera Utara. Intinya kami mengundang Putra Putri terbaik asal Dairi atau yang memilki ketertarikan untuk membangun Kabupaten Dairi dan mengabdi kepada Negara melalui Pemerintahan Kabupaten Dairi,” jelasnya.

Selanjutnya, Eddy meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara ( ASN ), Kedepan secara bertahap akan kedepankan peningkatan pengelolaan SDM pemerintahan agar  lebih professional, dan mampu menjawab tantangan besar ke depannya bagi Kabupaten ini. Basis pengujian karier kedepan adalah sistim merrit yang basisnya adalah kinerja, kompetensi dan rekam jejak, yang akan diukur secara rutin sebagai umpan balik dan pembinaan karier.  Uji Kompetensi melalui Assesment Center akan kita gunakan utk mengidentifikasi kandidat terbaik sekaligus memetakan potensi setiap ASN, agar efektif dalam mengembangkan potensi yang ada dalam berbagai bentuk, semisal : Pelatihan, Job Rotation, Job assigment dan lain lain.

“Kita juga akan mencari metoda yg tepat untuk mengawal pengembangan Sumber Daya Manusia ( SDM ) dengan coaching dan mentoring utk mendorong potensi masing – masing menjadi optimal. Kita akan cocern di SDM, karena dengan SDM yg unggul dan professional, kinerja pemerintahan dalam mewujudkan Visi Misi,terhadap harapan masyarakat akan dapat dicapai,” lanjutnya.

Begitu juga dengan Succession Planing atau Perencanaan suksesi, kata Eddy yang merupakan sebuah proses secara terus menerus dijalankan untuk mengidentifikasi, Mengevaluasi, dan Mengembangkan talenta – talenta terbaik dalam organisasi ( High Potential Talent ) untuk siap menggantikan posisi- posisi kunci dengan tujuan dan target Goal yang Konkrit sehingga pengisian jabatan menjadi berkesinambungan.

“Bagi rekan – rekan yangg dilantik, baik yang permanen maupun  Pelaksana Tugas (PLT) agar bekerja sebaik mungkin, Tunjukkan pada masyarakat kabupaten Dairi Bahwa kalian juga merupakan Putra –Putri terbaik Kabupaten Dairi, Jangan Ragu, Kerja, Kerja dan Kerja, Jangan sia-siakan kepercayaan dan kesempatan yang anda dapatkan, Buktikan bahwa anda memang layak,” katanya.

Untuk yang belum mendapat kesempatan, Jelas Eddy, Jangan kendur tetap semangat gunakan hasil assessment atau Penilaian untuk mengkoreksi kinerja dan kompetensi Anda. Kepada Bapak Sekretaris Daerah ( SEKDA ) yang baru, bersama seluruh Jajaran, Saya Ucapkan Selamat Berkerja mewujudlan Visi dan misi Pemerintahan Dairi Unggul, Segera tunjukkan terobosan – terobosan baru untuk mengejar segala keterlambatan yang ada, untuk menjawab harapan besar Rakyat Dairi.

“Saya tekankan kepada Kita semua, Tim Kerja Dairi Unggul untuk Langsung Bekerja Sebagaimana dengan arahan Presiden Jokowi, agar Proses Pengadaan dilakukan secepatnya diawal Anggaran. Kita harus upayakan agar Proses Lelang Pekerjaan bisa segera dilakukan di 2020, dan diupayakan dapat di lakukan pada Februari sehingga Anggaran akan bisa dipastikan terserap dengan tepat Sasaran, dan tidak kalah pentingnya, Geliat Ekonomi dimasyarakat berjalan dengan baik. Harapannya dengan waktu pelaksanaan pekerjaan yang panjang maka kualitas kerja semakin dan bagi Mitra Kerja dan Tim Pemeriksa yang berperan memastikan Kualitas pekerjaan menjadi Optimal karena memiliki waktu yang cukup,” tutupnya.

1 KOMENTAR

  1. Pidato ini sangat memukau membuka paradigma yg cukup luas semoga me yemangati para pejabat yg saat ini bekerja dan terobosan baru akan lahir didairi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Mentan SYL Ingatkan Pentingnya Ketangguhan Sistem Pangan Kawasan ASEAN

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk pada pencapaian Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Tujuan 2 “Tanpa Kelaparan”, khususnya dalam memastikan...

Presiden Sampaikan Tiga Fokus KTT ASEAN Plus Three dalam Ketahanan Kesehatan

Foto: Sekretariat Presiden IDN-CHANNEL - Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga hal yang dapat menjadi fokus ASEAN Plus Three (APT) dalam pembangunan ketahanan kesehatan. Tiga hal...

Mentan SYL Pimpin Sidang Menteri Pertanian ASEAN, Pastikan Ketahanan Pangan Regional

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Seiring dengan dinamika pembangunan regional dan imbas pandemi Covid-19 dalam 2 tahun terakhir, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengajak para...

Jangan Khawatir, Cara Ini Cepat Bersihkan Ketiak Yang Hitam

Sumber Foto: Istimewa IDN-CHANNEL - Ketiak yang hitam dapat mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya dirimu berkurang. Terlebih bagi kamu yang suka memakai pakaian tanpa lengan....

Recent Comments