31 C
Jakarta
Kamis, 28 Oktober 2021
Beranda Internasional Muslim Sri Lanka Kembali Berdemo Menolak Kremasi Jenazah Covid

Muslim Sri Lanka Kembali Berdemo Menolak Kremasi Jenazah Covid

Foto : AFP

IDN-CHANNEL – Sekitar 2.000 muslim di Sri Lanka kembali berdemonstrasi memprotes kebijakan pemerintah yang mengkremasi jenazah Covid-19.

Demonstrasi berlangsung di sekitar kantor Presiden di Ibu kota Srilanka, Kolombo pada Selasa (23/2) silam saat Perdana Menteri Pakistan Imran Khan bekunjung untuk bertemu Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa.

Momentum pertemuan petinggi dua negara ini dimanfaatkan oleh masyarakat muslim untuk meminta dukungan kepada Presiden Imran Khan.

Mereka berharap Khan dapat membujuk Rajapaksa mencabut kebijakan yang telah berlangsung sejak tahun lalu itu, seperti yang diperjelas oleh anggota Parlemen dari oposisi, Mujibur Rahman.

“Ia tahu situasinya dan kami mengira Khan akan membahas masalah itu bersama Presiden dan PM Sri lanka.” ujar Rahman dilansir AFP.

Sebelumnya pada 10 Februari, Khan menyambut hangat PM Sri Lanka Mahinda Rajapaksa yang menyatakan akan mengganti metode kremasi untuk jenazah covid dengan penguburan.

Namun, tiba-tiba pemerintah membatalkan pernyataannya keesokan harinya dan tetap menggunakan kremasi sebagai cara yang wajib dipakai.

Mereka menggunakan dalih mayoritas warganya adalah pemeluk agama Buddha & Hindu yang menggunakan kremasi sebagai bagian dari kebiasaan agama tersebut.

Kemudian alasan selanjutnya, pemerintah mengklaim virus yang terdapat pada tubuh mayat penderita Covid dapat mencemari air di bawah tanah.

Tentu kebijakan kremasi itu mendapat kecaman dan pertentangan dari pihak luar. Badan PBB untuk Hak Asasi Manusia menyebut apa yang dilakukan oleh pemerintah Sri Lanka dapat memicu prasangka, sikap intoleran dan kekerasan.

Lalu, 57 negara anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI) juga turut mengungkapkan keperihatinannya terkait penolakan penguburan dari otoritas negara Sri Lanka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Mentan SYL Ingatkan Pentingnya Ketangguhan Sistem Pangan Kawasan ASEAN

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk pada pencapaian Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Tujuan 2 “Tanpa Kelaparan”, khususnya dalam memastikan...

Presiden Sampaikan Tiga Fokus KTT ASEAN Plus Three dalam Ketahanan Kesehatan

Foto: Sekretariat Presiden IDN-CHANNEL - Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga hal yang dapat menjadi fokus ASEAN Plus Three (APT) dalam pembangunan ketahanan kesehatan. Tiga hal...

Mentan SYL Pimpin Sidang Menteri Pertanian ASEAN, Pastikan Ketahanan Pangan Regional

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Seiring dengan dinamika pembangunan regional dan imbas pandemi Covid-19 dalam 2 tahun terakhir, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengajak para...

Jangan Khawatir, Cara Ini Cepat Bersihkan Ketiak Yang Hitam

Sumber Foto: Istimewa IDN-CHANNEL - Ketiak yang hitam dapat mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya dirimu berkurang. Terlebih bagi kamu yang suka memakai pakaian tanpa lengan....

Recent Comments