31 C
Jakarta
Kamis, 28 Oktober 2021
Beranda News Daerah PDIP Dorong Alih Fungsi Hutan Dibuat Tak Murah dan Tak Mudah

PDIP Dorong Alih Fungsi Hutan Dibuat Tak Murah dan Tak Mudah

Foto: Istimewa

IDN-CHANNEL – DPP PDI Perjuangan (PDIP) memastikan melalui jajarannya di pusat dan daerah untuk berupaya melestarikan lingkungan dan masyarakat adat tetap terjaga bersamaan dengan pembangunan yang ada. PDI Perjuangan tidak ingin pembangunan merusak lingkungan, daerah aliran sungai (DAS), dan menyingkirkan masyarakat adat.

Komitmen itu disampaikan oleh jajaran DPP PDIP saat menemui aktivis lingkungan Chaerudin atau yang akrab disapa Babeh Idin di taman hutan Daerah Aliran Sungai (DAS) Pesanggrahan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (3/10/2021). Dalam kesempatan itu, jajaran PDIP menyerahkan bantuan kendaraan operasional kepada Babe Idin dan Komunitas Sangga Buana, sekaligus menanam benih bambu dan kopi.

Ketua DPP Bidang Olahraga dan Pemuda DPP PDIP Eriko Sotarduga mengatakan Ketua Umumnya, Megawati Soekarnoputri memiliki visi untuk menjaga lingkungan di Indonesia. Visi itu pun menjadi komitmen bersama oleh jajaran partai berlambang banteng moncong putih itu baik di struktural, eksekutif, maupun legislatif.

“Bu Mega berpesan bahwa sekarang terjadi perubahan cuaca dan iklim yang luar biasa. Ini yang harus kita jaga bersama untuk menjaga hutan agar mengurangi emisi karbon. Ini concern Bu Mega bahwa beliau ajarkan kami agar tak hanya pikirkan politik dan kekuasaan, namun keseimbangan kehidupan jadi lebih penting,” kata Eriko.

Anggota Komisi XI DPR RI itu mensyukuri Indonesia berada di garis khatulistiwa. Namun, keuntungan itu pun harus dijaga oleh seluruh masyarakat Indonesia. Seperti pesan Megawati, lanjut Eriko, Indonesia harus melestarikan lingkungan dari segi hutan dan lautannya.

Di sisi lain, Eriko juga menyatakan pihaknya mengupayakan agar hasil pertanian diberikan harga yang pantas. PDIP, lanjut dia, tidak ingin petani tidak menerima kesejahteraan dari hasil budidayanya.

“Ini tanggung jawab kami, kami akan tingkatkan kewajaran harga untuk petani. Di sisi lain, kami juga dorong program di Jawa Barat. Sesuai perintah ketum dan sekjen, kami akan gelar kegiatan agar anak muda bisa dapat beasiswa pendidikan,” kata dia.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono mengatakan partainya melalui banyak program terus mendorong adanya kelestarian lingkungan. Anggota Komisi IV DPR RI itu juga menyatakan pihaknya menyadari lahan terbuka hijau di DKI Jakarta sangat kurang, begitu juga di Jawa Barat.

Hal itu pun membuat penyerapan air dan DAS Ciliwung terganggu. Karena itu, pihaknya berupaya agar hutan yang ada di dua daerah tersebut tidak dijadikan wilayah pembangunan.

Saat ini, jelasnya, ada berbagai peraturan yang membolehkan hutan berubah fungsi dengan digantikan hutan lain, atau diganti dengan sejumlah uang. Sebagai ilustrasi, saat ini per hektar wilayah hutan yang dialihfungsikan di Jakarta hanya membebani pengusaha Rp 60 juta. Di Jawa Barat bahkan lebih rendah yakni Rp 40 juta. Nilainya tak seimbang dengan dampak kerugiannya.

PDIP ingin ada perbaikan. Setiap alih fungsi hutan harus dikenakan syarat yang tak mudah. Dengan begitu, diharapkan hutan tetap dijaga dan dilestarikan.

“Kami akan berjuang supaya ganti rugi tak mudah dan murah,” tegas Ono.

Dalam acara ini, Eriko Sotarduga mewakili Megawati dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Dia didampingi oleh para kader PDIP seperti Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono dan Ketua DPC PDIP Jakarta Selatan Yuke Yurike. Babe Idin sendiri menerimanya bersama para anak muda yang berkegiatan bersama di Komunitas Sangga Buana. Kadis Taman dan Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati beserta camat dan luar setempat ikut hadir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

RUU PDP Diharapkan Benar-benar Melindungi Masyarakat

Sumber Foto: Istimewa IDN-CHANNEL - Indonesia butuh lembaga kontrol yang punya otoritas bila Rancangan Undangan-Undang Perlindungan Diri Pribadi (RUU PDP) menjadi peraturan resmi. Hal tersebut dikatakan...

Mentan SYL Ingatkan Pentingnya Ketangguhan Sistem Pangan Kawasan ASEAN

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk pada pencapaian Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Tujuan 2 “Tanpa Kelaparan”, khususnya dalam memastikan...

Presiden Sampaikan Tiga Fokus KTT ASEAN Plus Three dalam Ketahanan Kesehatan

Foto: Sekretariat Presiden IDN-CHANNEL - Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga hal yang dapat menjadi fokus ASEAN Plus Three (APT) dalam pembangunan ketahanan kesehatan. Tiga hal...

Mentan SYL Pimpin Sidang Menteri Pertanian ASEAN, Pastikan Ketahanan Pangan Regional

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Seiring dengan dinamika pembangunan regional dan imbas pandemi Covid-19 dalam 2 tahun terakhir, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengajak para...

Recent Comments