25 C
Jakarta
Kamis, 28 Oktober 2021
Beranda Kolom Pusing Cari Musik Legal, 5 Website ini Sediakan Musik Gratis Cocok untuk...

Pusing Cari Musik Legal, 5 Website ini Sediakan Musik Gratis Cocok untuk Content Creator

Sumber Foto: Istimewa

IDN-CHANNEL – Maraknya profesi content creator membuat produksi konten sudah menjadi aktivitas orang sehari-hari.

Selain aplikasi editing video, membuat konten akan terasa hampa jika tanpa musik. Untuk itu Anda perlu musik yang asik dan berbeda daripada yang lain agar menarik penonton. Meskipun banyak musik dan backsound yang tersedia di internet, namun tidak semua music tersebut dapat dipakai secara gratis.

Bisa jadi Anda malah dikenai saksi, atau copyright jika menggunakan music tanpa seizing kreator-nya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa website yang dapat Anda gunakan secara legal untuk kebutuhan video Anda.

1. Audio Library
Audio Library sudah tidak asing lagi untuk kreator dan YouTuber yang menggunakan musik sebagai latar belakang videonya. Website ini memiliki pilihan music yang cukup lengkap. Website ini juga sudah dikategorikan, sehingga memudahkan Anda untuk memilihnya sesuai jenis video yang Anda ciptakan.

Namun jika kamu berencana untuk memposting hasil video dengan menggunakan musik dari website ini, cantumkan sumber dalam kotak deskripsi yang sudah tersedia. Upaya ini perlu kamu lakukan agar tidak terkena copyright meskipun gratis.

2. Free Sound
Sesuai namanya, Free Sound adalah situs web penyedia music gratis dan bebas copyright. Selain menyediakan musik, website ini tersedia music yang sudah disintesis, sound effect, bahkan music instrumental. Disana bahakan terdapat suara-suara unik seperti suara tepuk tangan, denting bel, hujan, petir, dan semacamnya.

3. Jamendo
Jamendo adalah situs web penyedia music dan backsound yang terdiri dari artis dan pecinta music independen. Anda juga bisa mengunggah musik ciptaan Anda untuk saling bertukar dengan pengguna lainnya. Disini Anda bisa menemukan musik gratis dalam berbagai pilihan genre dan bahasa karena penggunanya berasal dari seluruh dunia. Hingga saat ini Jamendo sudah memiliki lebih dari 400 ribu track dengan 40 ribu artis yang bergabung. Meskipun Anda dapat mengunduh musik secara gratis, disarankan untuk tetap mencantumkan credit title pemilik musik pada karya Anda.

4. YouTube Audio Library
Bagi content creator YouTube pasti tak asing mengunduh backsound legaldari YouTube. YouTube Audio Library lengkap menyediakan berbagai genre musik dan backsound yang dapat mendukung video Anda secara gratis. Cara menggunakan musik ini cukup mudah, Anda hanya perlu membuka laman YouTube Studio dalam akun Anda. Selanjutnya, buka laman Audio Library pada menu untuk memilih musik yang Anda ingin gunakan.

5. Ben Sound
Selain empat situs di atas, Anda dapat menggunakan Ben Sound untuk menambahkan warna dalam video yang Anda buat. Penyedia musik dan backsound tanpa royalty, Ben Sound tidak memerlukan Anda untuk membuat akun sebelum mengunduh musik yang disediakan. Anda cukup mengunduh musik yang diperlukan. Selain gratis, Ben Sound bahkan menyediakan musik dalam berbagai genre, seperti Jazz, Rock, Akustik, dan lainnya. Tidak heran jika website ini sangat terkenal di jajaran para YouTuber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Mentan SYL Ingatkan Pentingnya Ketangguhan Sistem Pangan Kawasan ASEAN

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk pada pencapaian Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Tujuan 2 “Tanpa Kelaparan”, khususnya dalam memastikan...

Presiden Sampaikan Tiga Fokus KTT ASEAN Plus Three dalam Ketahanan Kesehatan

Foto: Sekretariat Presiden IDN-CHANNEL - Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga hal yang dapat menjadi fokus ASEAN Plus Three (APT) dalam pembangunan ketahanan kesehatan. Tiga hal...

Mentan SYL Pimpin Sidang Menteri Pertanian ASEAN, Pastikan Ketahanan Pangan Regional

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Seiring dengan dinamika pembangunan regional dan imbas pandemi Covid-19 dalam 2 tahun terakhir, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengajak para...

Jangan Khawatir, Cara Ini Cepat Bersihkan Ketiak Yang Hitam

Sumber Foto: Istimewa IDN-CHANNEL - Ketiak yang hitam dapat mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya dirimu berkurang. Terlebih bagi kamu yang suka memakai pakaian tanpa lengan....

Recent Comments