31 C
Jakarta
Kamis, 28 Oktober 2021
Beranda Tekno WhatsApp dan Instagram Down, Mark Zuckerberg Beri Tanggapan

WhatsApp dan Instagram Down, Mark Zuckerberg Beri Tanggapan

Foto: Istimewa

IDN-CHANNEL – CEO Facebook, Mark Zuckerberg akhirnya memberi tanggapan setelah terjadinya gangguan yang menimpa aplikasi di bawah naungan perusahaannya, antara lain Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger.

Semua platform tersebut tumbang hingga 6 jam lamanya pada Senin malam. Atas peristiwa ini, Mark Zuckerberg melontarkan permintaan maaf pada semua pengguna yang mengandalkan aplikasi-aplikasi tersebut.

“Maaf atas gangguan hari ini. Saya tahu betapa Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda sayangi,” kata dia, ditulis dalam akun Facebook resminya, Selasa (5/10).

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10113957526871061&id=4

Mark Zuckerberg juga memberitahu bahwa semua layanan di platform-platform tersebut kini sudah bisa diakses kembali seperti semula. Salah satunya yakni aplikasi pengiriman pesan, WhatsApp. “Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger kembali online sekarang,” tuturnya.

Meski demikian, belum bisa dipastikan bahwa Facebook, WhatsApp, dan Instagram sudah pulih total seluruh dunia, karena beberapa warganet mengaku masih tidak bisa menerima dan mengirim pesan di WhatsApp. Keluhan ini tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi seluruh dunia. Sehingga sejumlah media asing pun turut melaporkan gangguan yang terjadi.

Gangguan yang terjadi pada layanan platform tersebut juga disampaikan oleh Direktur Teknologi Facebook Inc, Mike Schroepfer. Dirinya menyebut bahwa perusahaan sedang menghadapi kendala jaringan.

“Tim sedang bekerja secepat mungkin untuk melakukan debug dan memulihkannya sesegera mungkin,” tulisnya di akun Twitter resminya, @schrep, pada Selasa (5/10) dini hari.

Mike pun turut meminta maaf atas kendala yang dirasakan semua orang atas padamnya semua layanan ini. Bahkan media sosial Twitter pun akhirnya menjadi tempat penjelasan resmi aplikasi tersebut. “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” tulis akun resmi @Facebook pada Senin malam.

Masih belum jelas apa penyebab tumbanya seluruh platform tersebut. Namun laman resmi downdetector.com melaporkan bahwa gangguan tersebut mayoritas terjadi karena website sebesar 74 persen, aplikasi 13 persen, dan koneksi server 13 server. Atas kejadian itu, kata WhatsApp hingga tagar #instagramdown menduduki puncak trending topik di Twitter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

RUU PDP Diharapkan Benar-benar Melindungi Masyarakat

Sumber Foto: Istimewa IDN-CHANNEL - Indonesia butuh lembaga kontrol yang punya otoritas bila Rancangan Undangan-Undang Perlindungan Diri Pribadi (RUU PDP) menjadi peraturan resmi. Hal tersebut dikatakan...

Mentan SYL Ingatkan Pentingnya Ketangguhan Sistem Pangan Kawasan ASEAN

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk pada pencapaian Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Tujuan 2 “Tanpa Kelaparan”, khususnya dalam memastikan...

Presiden Sampaikan Tiga Fokus KTT ASEAN Plus Three dalam Ketahanan Kesehatan

Foto: Sekretariat Presiden IDN-CHANNEL - Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga hal yang dapat menjadi fokus ASEAN Plus Three (APT) dalam pembangunan ketahanan kesehatan. Tiga hal...

Mentan SYL Pimpin Sidang Menteri Pertanian ASEAN, Pastikan Ketahanan Pangan Regional

Foto: Kementerian Pertanian IDN-CHANNEL - Seiring dengan dinamika pembangunan regional dan imbas pandemi Covid-19 dalam 2 tahun terakhir, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengajak para...

Recent Comments